15 Apr 2011

Gaya dalam Desain Grafis "Victorian"

victorian
-->
Victorian berkembang di Amerika, Inggris dan sebagian besar benua Eropa sejak tahun 1820-an hingga tahun 1900. Gaya ini muncul karena reaksi seniman atas akibat yang ditimbulkan oleh revolusi industri.

Setelah peristiwa Pameran Raya tahun 1851, masyarakat semakin berminat pada ornamentasi bentuk-bentuk bersejarah. Selera masyarakat beranggapan bahwa bentuk-bentuk yang cenderung gemuk akan menimbulkan efek yang menyenangkan mata.

Para perancang grafis masa ini menolak standar tipografi Renaissance dengan cara menciptakan poster yang justru merusak keanggunan typeface Bodoni dan Didot dari abad ke-18. Caranya dengan membuat menjadi lebih lebar dan hitam. Peniruan ini dinamakan dengan Fat Face dan menjadi ciri khas era Victorian.

Dengan meledaknya revolusi industri, maka kebutuhan manusia pada zaman itu semakin berkembang. Muncul kebutuhan untuk mempromosikan dan menginformasikan sesuatu dari seseorang ke public umum. Teknologi cetak pun semakin berkembang, hingga muncul kebutuhan-kebutuhan baru dalam bidang marketing, diantaranya kebutuhan untuk mengedukasi pasar dengan iklan, bagaimana mempercantik sebuah kemasan produk, bagaimana menginformasikan secara massal sebagai sebuah industrialisasi yang semakin maju dan kompleks.


Gaya Victorian ini terkesan natural. Terlihat dari berbagai poster dan iklan pada zaman itu yang kebanyakan menggambarkan seseorang dengan pose-pose yang terkesan datar, alami dan biasa terjadi di lingkungan sekitar, pose-pose ekstrem misalnya menggunakan sudut pandang mata kodok sangat sulit diterima pada zaman ini.

Kemajuan teknologi juga ikut mendukung perkembangan perubahan gaya Victorian, yaitu dengan adanya cetak warna (chromolithography) di Jerman dan Amerika tahun 1870-an. Teknik cukil kayu  (woodcut) dan typeface dengan serif/sirip serta huruf-huruf Gothic menjadi sebuah desain yang khas era ini

* Desainer paling berpengaruh
  

1. Jean Alexis Rouchon
   2. Sir John Millais
Karya : Sir John Millais

* Desainer lainnya 
1. Richard Rummell
Karaya : Richard Rummell

   2. Grant Hamilton
Karya : Grant Hamilton


3.Alfred Le Petit
Karya : Alfred Le Petit


Ciri-ciri style
   
* Ilustrasi secara realisme dan sentimental serta mengutamakan keindahan.
    * Penggambaran karakter perempuan yang berbadan subur.
    * Framing berupa ornamen-ornamen.
    * Banyak ditemui karya-karya yang sifatnya simetris.
    * Typografi dengan menggunakan fonts jenis Sans Serif banyak ditemui,
      dalam satu karya menggunakan berbagai variasi font.
    * Penggunaan warna-warna yang natural.


Contoh Penerapan Gaya Victorian pada saat sekarang


Link Mengenai Victorian 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar